Analisis Penokohan Tokoh Utama pada Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Novel
Keywords:
Penokohan, Tokoh Utama, Pembelajaran, SastraAbstract
Sastra merupakan salah satu unsur kesenian yang dapat memberikan pengajaran bagi kehidupan, salah satunya di sekolah, Pembelajaran sastra dalam menganalisis novel juga menjadi suatu problema, pembelajaran sastra di sekolah merupakan salah satu hal yang harus di pelajari, terlebih lagi untuk pendidik khususnya yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia. Novel menjadi salah satu media dalam pembelajaran sastra, pembelajaran sastra di sekolah untuk mengetahui sifat dan karakter yang ada pada tokoh utama dengan tujuan peserta didik mampu mencontoh sifat-sifat yang ada pada diri tokoh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif gambaran sifat tokoh yang nantinya dijelaskan secara rinci mengenai tokoh utama tersebut, hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui sifat-sifat (penokohan) tokoh utama dengan mengetahui hasil dari pemanfaatannya yaitu merancang sebuah rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan KD dan Indikator sesuai kurikulum 2013.