Analisis Penokohan Tokoh Utama pada Novel Habibie dan Ainun Karya Bacharuddin Jusuf Habibie dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Novel

Authors

  • Muji Zain Naufal Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author
  • Mustiah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author

Keywords:

Penokohan, Tokoh Utama, Pembelajaran, Sastra

Abstract

Sastra merupakan salah satu unsur kesenian yang dapat memberikan pengajaran bagi kehidupan, salah satunya di sekolah, Pembelajaran sastra dalam menganalisis novel juga menjadi suatu problema, pembelajaran sastra di sekolah merupakan salah satu hal yang harus di pelajari, terlebih lagi untuk pendidik khususnya yang mengampu pelajaran Bahasa Indonesia. Novel menjadi salah satu media dalam pembelajaran sastra, pembelajaran sastra di sekolah untuk mengetahui sifat dan karakter yang ada pada tokoh utama dengan tujuan peserta didik mampu mencontoh sifat-sifat yang ada pada diri tokoh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif gambaran sifat tokoh yang nantinya dijelaskan secara rinci mengenai tokoh utama tersebut, hasil dari penelitian ini yaitu mengetahui sifat-sifat (penokohan) tokoh utama dengan mengetahui hasil dari pemanfaatannya yaitu merancang sebuah rencana pembelajaran yang disesuaikan dengan KD dan Indikator sesuai kurikulum 2013.

Downloads

Published

2023-11-30