Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Memproduksi Teks Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Krangkeng

Authors

  • Muhammad Sholeh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author
  • Depi Widayanti Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author

Keywords:

Menulis, Teks Puisi, Model Problem Based Learning

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa SMP Negeri 2 Krangkeng Indramayu Tahun Pelajaran 2020/2021 dalam pembelajaran menulis teks puisi dan keterbatasan guru dalam merancang model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks puisi melatar belakangi dilakukannya penenelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitin ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krangkeng Indramayu Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil penghitungan statistik dengan menggunakan uji t, thitung lebih besar dari pada ttabel (5,13>2,01) dengan d.b (58) dan taraf signifikan 5% yang dapat diartikan pada perbedaan antara skor nilai tes akhir kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Selain itu, skor rata-rata tes akhir kelompok eksperimen lebih besar dari rata-rata kelompok kontrol yaitu 75,66> 65,33. Dengan ini dapat dikatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Hi) diterima dengan kata lain model pembelajaran berbasis masalah dalam menulis teks puisi dinyatakan aktif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krangkeng. Berdasarkan analisis data hasil observasi, terbukti bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krangkeng Indramayu Tahun Pelajaran 2020/2021.

Downloads

Published

2023-11-30