Penerapan Metode Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Peserta Didik Kelas VII SMP

Authors

  • Khoirul Fajri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author
  • Cici Handini Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nahdlatul Ulama Indramayu Author

Keywords:

Metode Picture and Picture, Pembelajaran, Menulis, Teks Prosedur

Abstract

Keprihatinan penulis terhadap rendahnya kemampuan peserta didik SMP Negeri Satu Atap 1 Krangkeng Tahun Ajaran 2021/2022 dalam pembelajaran menulis teks Prosedur dan keterbatasan guru dalam merancang metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks prosedur melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan metode picture and picture dalam pembelajaran menulis teks prosedur.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan metode picture and picture pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Krangkeng Tahun Ajaran 2021/2022 dan 2) mengetahui penerapan metode picture and picture efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Krangkeng Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental design (desain eksperimen semu) tipe nonequivalent control group design. Berdasarkan analisis data hasil observasi, terbukti bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur pada peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap 1 Krangkeng Tahun Ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2023-11-30