Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen dengan Model “Picture And Picture” Pada Peserta Didik Kelas Xi APK 1 SMK NU Kaplongan
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Picture and Picture, Menulis CerpenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui rencana pembelajaran menulis cerpen dengan model Picture and Picture; 2) untuk mengetahui pelaksanaan menulis cerpen dengan model Picture and Picture; 3) untuk mengetahui hasil belajar menulis cerpen dengan model Picture and Picture; 4) untuk mengetahui keefektifan model Picture and Picture pada pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi,dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK NU Kaplongan kelas XI APK 1 dengan jumlah 38 peserta didik yang terdiri dari 1 peserta didik laki-laki dan 37 peserta didik perempuan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen Tes, Wawancara, dan Observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bawah peningkatan hasil belajar menulis cerpen dengan menggunkan metode picture and picture ini sangat efektif bagi peserta didik SMK NU Kaplongan kelas XI APK 1. Pada saat pelaksanaan pra siklus hasil belajar keterampilan menulis cerpen hanya sebesar 26% kemudian setelah dilakukan metode picture and picture pada siklus I terjadi peningktan sebesar 68%, dan sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 100% dan membuktikan bawah metode picture and picture ini sangat efektif bagi peserta didik SMK NU Kaplongan kelas XI APK 1.