Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Moral Yang Terkandung dalam Novel Negeri 5 Menara untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia
Keywords:
Nilai moral, Novel, Bahan Ajar , Relevansi PendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap nilai-nilai pendidikan moral yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka cetakan 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah mengguakan studi dokumentasi atau kajian kepustakaan terhadap teks novel negeri 5 menara karya A. Fuadi novel ini menjadi sumber utama atau sumber pimer dalam penelitian ini. Instrument yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Degan teknik pengumpulan sebagai berikut. a) peneliti membaca secara kritis novel b) peneliti membaca secara berkesinambungan. c) peneliti membaca sekali lagi sumber data untuk memberi tanda bagian teks yang diangkat menjadi sumber data dan dianalisi lebih lanjut. d) kuisioner ini diujicobakan pada siswa kelas XII sebanyak 216 orang dan hal ini diperlukan untuk mendapatkan penjelasan tentang relevansinya terhadap bahan ajar. e) Teknik catat untuk melakukan pengkelompokan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa novel negeri 5 menara memiliki nilai pendidikan moral dan relevansi terhadap bahan ajar bahasa Indonesia kelas XII, memiliki tiga nilai pendidikan moral ialah 1) Hubungan manusia dengan manusia yaag meliputi nilai jujur, disiplin, rajin dan tanggung jawab. 2) Hubungan manusia dengan manusia lain yang memiliki nilai moral empati dan rasa hormat serta 3) Hubungan manusia dengan tuhan yang memiliki nilai moral Berdoa dan bersyukur. Rekomendasi penelitian ini adalah novel “Negeri 5 Menara” dapat dijadikan bahan ajar pada siwa kelas XII SMA/SMK/MA dan dijadikan model pembelajaran sastra.